Saturday 1 March 2014

Manifestasi Permukaan Panas Bumi

       Secara umum, manifestasi permukaan akan banyak ditemukan akan banyak ditemukan apabila tempertaur sistem panasbuminya tinggi. Sistem panasbumi temperature sedang samapai rendah sedikit seklai menunjukan manifestasi permukaan, bahkan beberapa tidak memimilii manifestasi permukaan.
            Beberapa contoh maifestasi permukaan antara lain : 
1.      Acid Crater Lake (Danau Kawah Asam) 
Merupakan danau didalam kawah gunungapi, memiliki suhu yang tinggi dan PH air yang rendah (acid).
2.      Fumarol
Fumarol adalah uap panas (vapour) yang keluar melalui celah-celah dalam batuan dan kemudian berubah menjadi uap air (steam).   
3.      Solfatara
istilah ini diambil dari nama hidroternal aktif di Italia, yaitu Phlegrean Fieds. Solfatara adalah rekahan dalam batuan yang menyemburkan uap air yang bercampur dengan CO2 dan H2S (kadan-kadang SO2).     
4.      Steaming Ground 
Apabila uap air (steam) yang keluar sedikit jumlahnya dan keluar melalui pori dalam tanah atau batuan, maka terbentuklah Steaming Ground, bukan lagi fumarol. Kenampakannya
5.      Warn Ground       
Gas-gas dan uap air yang naik ke permukaan akan menaikan suhu disekitar di daerah thermal area sehingga suhu di sekitar daerah ini akan lebih tinggi dari sekitar dan juga lebih tinggi dari suhu udara di permukaan bumi yang kadang-kadang mencapai 300C – 400C.
6.      Neutral Hot Springs         
Neutral Hot Springs
merupakan mata air panas dengan pH netral atau mendekati netral (pH 6-7) Mata air ini diasosiasikan sebagai direct discharge fluida dari reservoir ke permukaan bumi.
7.      Acid Hot Springs  
Acid Hot Springs
merupakan mata air panas, dengan pH asam (pH <6 dan="" dari="" gas-gas="" hasil="" i="" kondensasi="" magmatic="" panas="" terbentuk="" uap="" yang="">vapour
) di dekat permukaan bumi kemudian melarut dan bercampur dengan air meterorik.


No comments:

Post a Comment