Tuesday 12 June 2012

VOLKANO


1.      Gunung api adalah suatu saluran fluida panas ( batuan dalam wujud panas atau lava) yang memanjang sekitar kedalaman 10 km dibwah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan material yang dikeluarkan saat meletus.
Volkanologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gunung api dimana dalam hal tersebut  merupakan Tempat / bukaan berasalnya batuan pijar (gas) dan umumnya keduanya, keluar ke permukaan bumi, sehingga bahan batuan tersebut berakumulasi membentuk bukit atau gunung.
Diferensiasi magma adalah suatu tahapan pemisahan atau pengelompokan magma dimana material yang memiliki kesamaan sifat fisik / kimia akan mengelompok dan membentuk suatu kumpulan mineral sendiri yang nantinya akan mengubah komposisi magma sesuai dengan penggolongan berdasarkan kandungan magma proses ini dipengaruhi pleh tekanan dan suhu, kandungan gas serta komposisi magma.proses menyertai fraksinasi : proses pemisahan Kristal krn pendinginan tidak seimbangKristal setting : proses meliputi pengendapan mineralliquid immusbility : larutan magma yang memiliki suhu rendahKristal flotation : pengembangan Kristal ringan Hibridisasi : ialah pembentukan magma baru, karena pencampuran dua magma yangberlainan jenisnya.inteksis: ialah proses pembantukan magma baru karena proses asimilasi dengan batuansamping atau terlarutnya batuan asing kedalam magma
 Proses tektonik konvergent biasanya membentuk gunung api tipe strato (magma asam) 
tektonik dipergent membentuk gunung api tipe prisai Karen kandungannya intermediet ke basa.
Asimilasi : proses meleburnya batuan sampling akibat naiknya magma ke permukaan dan akan menyebabkan magma yang tadinya asam berubah menjadi basa.dicirikan adanya xenolit.
replisment : ketikan cairan mengalami pendinginan
magma miting : ketika magma bertemu bercampur dan membentuk magma dan komposisi diantara kedua magma tersebut.
Tipe gunung api :
- strato : terbentuk pada letusan besar yang terdiri dari lava tetra dan aliran piroklastik terjadi akibat magma yang sangat kental.
- shield : terbentuk dari aliran lava basalt dan memiliki kemiringan yang landai tdk menghasilkan letusan besar.magma bersifat encer.
- cindercone : bukit kerucut curam diatas ventilasi magma terbentuk akibat letusan strombolian.
- lava dome : lava kental mengalir  perlahan dan cepat membeku.
-caldera : pengosongan gunung api membuat gunung api tersebut runtuh karena letusan dasat.
Tipe letusan :
-Hawaian : eksposif pada celah /kepundan sederhana
-stombolin : semburan lava pijar dari magma dangkal.
-plimian : magma viskositas tinggi /asam
-subplimian : eksplosif : riolitik gn api strato.
-ultra plimian : sangat ekplosif batu apung sangat banyak.
- vulkaniar : erupsi magmatis andesitbasaltik, dasit.
-surtseyar : magma basaltic dgn air permukaan / bawah permukaan.
 


     Viskositas adalah kekentalan atau kecenderungan untuk tidak mengalir. Cairan dengan viskositas tinggi akan lebih rendah kecenderungannya untuk mengalir daripada cairan dengan viskositas rendah. Demikian pula halnya dengan magma.
Viskositas magma ditentukan oleh kandungan SiO2 dan temperatur magma. Makin tinggi kandungan SiO2 maka makin rendah viskositasnya atau makin kental. Sebaliknya, makin tinggi temperaturnya, makin rendah viskositasnya. Jadi, magma basaltik lebih mudah mengalir daripada magma andesitik atau riolitik. Demikian pula, magma andesitik lebih mudah mengalir drripada magma riolitik.
Gunung api meletus disebabkan oleh endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi.


           


No comments:

Post a Comment